Image

 

sepanjang kuliah saya di spesialisasi Kebendaharaan Negara STAN

baru kali ini saya seantusias ini pada suatu pelajaran

apa ya mata kuliah persisnya?

Yang jelas membahas tentang utang Negara

 

Saya penasaran dengan utang yang dimiliki Negara ini

Kenapa setiap harinya semakin besar?

Tak adakah upaya untuk menguranginya?

Malah justru, ada saja setiap tahun tambahan utang

 

Sebenarnya apa yang terjadi?

Saya tertarik untuk mendalaminya

 

Ketika PKL pun, saya ambil bahasan utang

Sempat PKL di Ditjen Perbendaharaan yang membawahi soal utang

Saya jadi sedikit tahu (cuma sedikit)

Bahwa utang Negara ini ternyata digunakan untuk membeli barang

Dari Negara yang kasih pinjam

What the maksud of the meaning?

 

Memang nggak semuanya seperti itu,

Tapi dari satu contoh saja, bahwa utang itu ternyata

Banyak yang nggak digunakan untuk hal-hal yang produktif

Makanya, saya geregetan untuk belajar utang Negara

 

Saya pun berkeinginan masuk ke ditjen pengelolaan utang

Pecahan dari ditjen perbendaharaan

Di kementerian keuangan

Apa daya, saya ternyata masuk BPKP

Hal yang sampai sekarang saya sesalkan

Heuheu

 

Dari apa yang saya baca, ternyata banyak utang Negara

Digunakan untuk mengadakan training ke Negara pemberi utang

Digunakan sebagai beasiswa kuliah ke negeri mereka

Lha apa enaknya sih?

 

Ngasih utang tapi segala-galanya diatur sama yang kasih utang

Lha itu sih setengah-setengah namanya

Semuanya di atur dan seolah hanya dipakai untuk memutar roda bisnis mereka

Mereka dapat bunga utang, mereka dapat proyek, ini namanya dobel untung

Indonesia namanya dobel buntung

 

Boleh dong saya bilang utang itu dipakai untuk menjajah?

Lha semuanya diatur sama yang kasih utang kok

Apa nggak menjajah namanya?

 

Kalau hibah gimana don?

Saya sering berpikir, untuk apa ya Negara lain kasih hibah ke Indonesia?

Mau-maunya mereka kasih hibah,

Baik bener yak

Apa ada maunya?

 

Yang saya sering denger dari berita sih Negara jepang paling sering kasih hibah

Misalnya kereta bekas

Maklum lah, saya kan pengguna kereta Commuter Line buatan Jepang ini

Tapi, masak sih perusahaan kereta Indonesia nggak bisa bikin ginian?

Saya yakin PT INKA dapat membuatnya

 

Saya kok jadi berpikir terlalu jauh ya,

Jepang kasih hibah, trus usaha jepang di Indonesia lancar jaya

Apa aja sih usaha mereka?

Yang paling kelihatan ya perusahaan otomotif

Baik mobil atau motor

Ini nih yang paling berandil bikin macet jakarte

Biang keroknya ya perusahaan otomotif

Bener nggak?

 

Jadi kesimpulan saya

Utang maupun hibah, berpotensi menjadikan Negara kita terpenjara

Ibarat makan buah simalakama

Kalau mau utang ya ikut saran mereka untuk kebijakan macem-macem

Sama aja dong Indonesia dijajah via utang dan hibah?

Anda  yang menyimpulkan

 

Advertisements